Senin, 01 Maret 2010

internet bagi pelajar

Teknologi informasi dapat menjadi pendamping sekaligus pembimbing hidup yang betapa indah kalau manusia dapat memahami akses positif dan negatif teknologi tersebut. Tentu saja, media internet diciptakan untuk membantu manusia. Segala kemudahan dan kemungkinan telah diketukkan ke pintu rumah manusia. Bukan sekedar tawaran yang maya, tapi nyata. Adakah kita hendak mengacuhkannya? Tak hendak membuka pintu dan tak hendak menawarkannya masuk ke dalam rumah informasi kita? Internet adalah media atau sarana yang tak mungkin diabaikan dalam peradaban manusia. Hanya saja, bagaimana alat tersebut dimanfaatkan untuk melahirkan hasil yang maksimal dalam kehidupan manusia, dan bukan sebaliknya, jangan melahirkan mudarat (keburukan).
Peran media internet (tentu saja media komputer yang menjadi perangkat utamanya) semakin meningkat pesat dari saat ke saat. Maka diperkirakan mesin jenius ini akan menjadi kebutuhan dominan yang tak terlalaikan dalam kehidupan manusia pada masa-masa mendatang. Di dunia serba digital saat ini, internet bagi manusia, meluncur dan tumbuh subur menjadi sebuah kebutuhan, bukan sekedar mesin hiburan.
Meskipun di Indonesia peran mesin jenius ini belum merambah jika kita survei beberapa warung internet, malah hampir pasti ditongkrongi sebagian besar anak remaja yang notabenenya masih pelajar.Remaja (pelajar) yang kental dengan budaya latah, terutama terhadap perkembangan teknologi, termasuk internet. Padahal, internet tidak sepenuhnya menginjeksikan ke tubuh para remaja hal-hal yang santun. Tapi juga, sangat cepat menjalari darah mereka dengan hal-hal yang mengandung racun. Bukan rahasia lagi, jika layanan teknologi informasi (termasuk internet) tentang dunia kekerasan, kriminalitas, dan tentu saja pornografi sangat mudah diperoleh dan mudah pula melekat di benak anak-anak pancaroba, untuk seterusnya ditiru dan digugu. Simpulannya, internet tidak hanya mengucurkan hal-hal yang positif untuk pertumbuhan dan perkembangan remaja, tapi juga mengguyurkan yang hal-hal negatif. Maka menguaplah sebuah pertanyaan yang selalu mengganggu kita: Bagaimana sih pengaruh internet bagi pertumbuhan dan perkembangan remaja (pelajar), baik hal positif maupun negatif?

MANFAAT
Internet merupakan produk teknologi informasi yang mampu berkembang pesat melewati batas negara dan berbagai sendi kehidupan manusia. Dunia pendidikan adalah satu bidang yang memanfaatkan internet secara luas untuk kepentingan peningkatan kualitas suatu institusi pendidikan. Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam kemajuan suatu bangsa dan negara. Tanpa pendidikan yang baik, sulit untuk mencapai dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, baik secara lahir maupun batin.
Banyak faktor yang dapat mempengaruhi dan menentukan kemajuan dan perkembangan pendidikan. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi perkembangan dunia pendidikan, yaitu kehadiran internet. Internet atau international networking adalah media komunikasi jarak jauh dan informasi dengan menggunakan satelit. Internet dapat dikatakan sebagai perpustakaan maya (virtual library) yang mengandung jutaan informasi tentang berbagai hal, salah satunya termasuk data dan informasi tentang pendidikan. Internet dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar alternatif bagi kalangan akademis setelah perpustakaan konvensional di lembaga pendidikan tinggi.
Selain itu manfaat yang ditimbulkan dari kehadiran internet bagi pendidikan antara lain :
1.Mempercepat dan mempermudah alih ilmu pengetahuan dan teknologi.
2.Proses pembelajaran lebih menarik. Melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif.
3.Mendorong siswa untuk lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi.
4.Mempermudah penjelasan konsep. Selama ini dalam materi atau bahan pelajaran disampaikan melalui metode ceramah. Dengan adanya internet, guru bisa menyampaikan konsep atau materi secara audiovisual. Pelajaran lebih nyata dan jelas, sehingga mempermudah pemahaman siswa. Hal ini dapat menghindari kebingungan pada diri siswa saat proses pembelajaran berlangsung.
5.Pembelajaran lebih konseptual dan up to date (aktual).
6.Mempermudah dan mempercepat administrasi pendidikan. Pelaksanaan proses pendidikan harus diusahakan lebih praktis dan cepat. Guru tidak terlalu disibukkan urusan administrasi yang berbelit-belit, sehingga konsentrasi lebih tertuju pada proses pembelajaran di kelas. Misalnya, dalam membuat persiapan mengajar, pengolahan nilai, dan menyebarluaskan nilai ulangan atau ujian, bisa menggunakan fasilitas komputer (internet). Dengan demikian, internet dapat memperbaiki dan memperlancar administrasi pendidikan.
7.Sebagai perpustakaan elektronik.
8.Mempercepat dan mempermudah komunikasi edukatif antara guru dengan siswa.
Akhirnya, internet diharapkan dapat membantu mempercepat perkembangan pendidikan. Pendidikan lebih maju dan berkualitas. Pada gilirannya pendidikan dapat membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Bangsa yang cerdas akan membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat. Selain dari dampak positif, internet juga berdampak negatif bagi para pelajar. Mencoba untuk melontarkan sebuah wacana dan berbagai fakta tentang sebuah persoalan baru di kota-kota besar yang juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Walaupun masih berupa gejala awal, namun apabila tidak segera diatasi tentu akan berkembang menjadi penyakit kronis yang makin sulit untuk diatasi. saat ini telah terjadi pergeseran profil pengguna internet dan juga pergeseran orientasi pemanfaatannya. Pengguna internet terbesar saat ini adalah para pelajar SLTP diikuti oleh pelajar SLTA dan kalangan mahasiswa justru menempati urutan ketiga (kecuali di warnet yang berdekatan dengan kampus). Ada gejala menarik yaitu mulai maraknya pelajar SD bermain internet dan sudah berani nongol diwarung internet. Para orang tua tentu saat ini harus merogoh kocek lebih banyak untuk memenuhi keinginan anak-anaknya untuk bermain internet baik dirumah ataupun di warnet. Harapan orang tua tentulah ingin agar si-anak tidak ketinggalan jaman dan dengan ber-main internet si-anak bisa bertambah pintar. Namun benarkah demikian ? Makin meratanya pengguna internet disatu sisi memang sangat menggembirakan, namun pergeseran orientasi penggunaan internet sudah sangat memprihatinkan.
Dampak negatif
Memang diantara mereka juga menggunakan internet untuk sarana mencari pengetahuan, namun yang melakukan hal itu jumlahnya tidaklah banyak. Game dan chatting1 bisa membawa effect kecanduan Dan apabila sudah kecanduan tentu effect sampingnya akan membuat anak menjadi malas belajar, malas mengaji dan setiap ada kesempatan selalu berusaha untuk bermain game dan chatting. Dampak negatif bermain game hampir sama dengan dampak permainan Play Station dimana seseorang yang sudah kecanduan akan betah seharian bermain dan bahkan lupa makan, lupa minum dan lupa kalau hari esok masih ada.. Dimana hampir semua orang lupa daratan dan setiap hari kerjanya hanya bermain intercom Sedangkan effect bermain game mungkin bisa digambarkan dengan permainan interkom yang marak sekitar 20 tahun yang lalu. Dimana hampir semua orang lupa daratan dan setiap hari kerjanya hanya bermain intercom (jika sudah memegang mic maka orang cenderung akan malas berangkat sekolah, malas berangkat kerja, malas membatu orang tua, malas untuk mengaji malas makan, malas minum dan sebagainya)2.Begitu juga dengan chatting.. para pelajar yang melakukan kegiatan ini menganggap waktu 5 jam sama dengan 10 menit. Dan mereka cenderung memanfaatkan chatting untuk sekedar ngobrol kesana-kemari dengan teman kencannya di internet dan bahkan tidak menutup kemungkinan juga mengarah kepada pembicaraan yang porno. Effect permainan game dan chatting ini justru lebih berbahaya dari kekhawatiran kita sekitar 5 tahun lalu tentang maraknya situs-situs porno. Karena berdasarkan pengamatan, ternyata situs porno hanya berefek pada euforia dan dalam waktu singkat mereka sudah akan bosan. Namun effect game dan chatting adalah Effect Candu yang bisa membuat penggunanya menjadi ketagihan dan ini yang sangat berbahaya bagi dunia pendidikan kita.
Beberapa kejadian di Indonesia menunjukan ada kasus perkosaan oleh teman chatting3 penipuan oleh teman chatting. Sebagai bagian dari Teknologi Informasi, internet memang ibarat pisau bermata dua. Disatu sisi, teknologi ini bisa bermanfaat apabila digunakan untuk melakukan hal-hal yang baik dan bermanfaat, seperti: mencari bahan-bahan pelajaran sekolah, diskusi mata pelajaran, mencari program beasiswa, konsultasi dengan pakar, belajar jarak jauh, dan mencari metode-metode pengajaran berbasis multimedia.
penggunaan internet justru malah bergeser kepada hal-hal yang negatif dan ini harus menjadi perhatian seluruh komponen masyarakat. Karena bagaimanapun kita tetap membutuhkan internet sebagai sarana informasi dan komunikasi yang bersifat global, namun disisi lain kitapun juga harus siap untuk melakukan antisipasi untuk mengatasi dampak-dampak negatifnya. Dan inilah persoalan bersama kita. Mumpung semua ini masih berbentuk gejala, alangkah baiknya pemerintah, DPRD, dunia pendidikan, pengamat dan para pengamat sosial kemasyarakatan duduk bersama untuk membahas dan mencari solusi untuk mengatasinya. yang membuat mereka kecanduan dan yang bisa menjebak mereka kedalam sebuah permasalahan. Yang paling penting adalah bagaimana kita mengemas teknologi ini agar mempunyai muatan pendidikan namun tetap menarik untuk dikunjungi oleh para pelajar sebagai netter4mayoritas pada saat ini. Namun tetap semua akan dikembalikan lagi kepada para netter, karena dampak positif maupun negatif dari internet bergantung dari niat pemakainya5
Dimata pelajar
Internet memang memudahkan pelajar mendapatkan segala informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan (pelajaran). Tapi pada internet juga terdapat liang raksasa, bagai rahang yang akan mengunyah para pelajar dengan situs-situs pornografi, kekerasan, dan hal-hal negatif lainnya. Setiap saat, situs-situs semacam itu selalu setia menghasut, lantas memurukkan mereka ke nganga dosa. Meskipun dalam diri mereka terjadi tarik menarik yang dahsyat antara kepentingan yang baik (positif) dengan buruk (negatif). Namun pada akhirnya, kekuatan negatif cenderung lebih bertaring untuk mencengkram cara berpikir dan berprilaku para remaja tersebut. Maka untuk menghempangnya (paling tidak untuk meminimalisirnya), usaha untuk memaksimalkan manfaat internet sebagai media pendidikan harus lebih militan dilakukan. Harus, dan harus! Apalagi muaranya, hendak meningkatkan mutu pendidikan sekaligus mutu pendidik dan anak didik.
Sebenarnya beberapa pusat pendidikan termasuk sekolah lanjutan tingkat atas sampai perguruan tinggi saat ini begitu serius memaksimalkan pengadaan fasilitas internet di sekolah dan kampus masing-masing untuk meningkat mutu pendidikan. Dari beberapa sekolah dan universitas sudah ada yang membuka website untuk memberikan kemudahan bagi khalayak untuk mengakses informasi tentang sekolah dan universitas yang bersangkutan. Serta saat ini sudah banyak universitas-universitas yang dilengkapi dengan Hot Spot area6
Meskipun diakui, tetap mempunyai keterbatasan untuk mengawasi mereka agar tidak mengklik situs penyulut amarah dan birahi. Secara global, banyak hal yang bisa dituai para remaja dari layar maya bernama internet, yang menghidangkan situs-situs mendidik ke meja belajar mereka. Namun, situs mendidik yang fokus dan terprogram khusus secara formal masih sangat minim.
Situs sekolah-online (salah satu misal situs yang fokus dan terprogram) ini memberikan ruang bagi para remaja (pelajar) untuk menambah wawasan dan cakrawala pendidikannya melalui internet, selain di ruang kelas. Sepandang tampak sebagai ruang yang sederhana saja, tapi sungguh, situs ini mengajak para pelajar (terbuka juga untuk siapa saja) untuk belajar secara informal (sadar atau tidak sadar). Di samping menawarkan kegiatan edutainment (belajar sambil bermain), menawarkan berbagai informasi tentang dunia pendidikan, situs ini juga menghidangkan Komunitas Sekolah Sumatera sebagai Media Komunitas Guru, Orang Tua, dan Pelajar Edutainment yang menyodorkan beragam menu informasi aktivitas sekolah-sekolah. Apa saja menu itu? Sebut saja menu Profil Sekolah yang terdiri dari: Profil, yang berisi tentang sejarah sekolah (yang terdaftar dalam situs sekolah-online), visi dan misi, jumlah kelas, jumlahsiswa, jurusan dan karakter khusus sekolah; Berita Sekolah, berupa ruang bebas untuk menyampaikan segala informasi tentang suatu sekolah, dapat berupa pengumuman atau kebijakan baru sekolah; Kegiatan Sekolah, dapat digunakan untuk penyampaian aktivitas sekolah, jadwal kegiatan sekolah, OSIS, dan lainnya; Siswa Berprestasi, yaitu arena untuk menampilkan profil siswa yang kreatif dan berprestasi; Karya dan Prestasi, berisi daftar prestasi atau penghargaan yang pernah diraih oleh siswa atau sekolah yang bersangkutan; Pojok Guru, merupakan cerita atau profil guru-guru di sekolah yang bersangkutan; Album Sekolah, berisi etalase foto-foto kegiatan sekolah yang ditampilkan di situs; Buku Tamu, adalah ruang khusus untuk pengunjung situs yang ingin memberikan kritik dan saran pada sekolah yang bersangkutan.
Kita mungkin pernah mendengar, bahkan pernah mengalami yang namanya studi banding, yaitu kegiatan rombongan pelajar bersama guru mengunjungi sekolah-sekolah yang letaknya berjauhan dari sekolah kita, tentunya sambil bertamasya. Manfaatnya, saling bertukar informasi, baik masalah pendidikan atau pengelolaan sekolah, demi perbaikan dan kemajuan (termasuk mutu pendidikan) sekolah masing-masing. Tentunya kegiatan studi banding serupa ini akan menguras tenaga, waktu, dan juga biaya. Nah, kini kegiatan serupa itu sudah bisa ditunaikan melalui internet,. Sangat efektif , efisien, dan berdayaguna bukan? Ya, kemudahan ini tidak lain berorientasi untuk meningkatkan mutu pendidikan secara merata lewat monitor internet. Maka, mari dimanfaatkan! Meskipun kita ketahui, kemudahan ini belum mampu secara merata menjemput kreativitas para pelajar di sekolah-sekolah yang bukan berdomisili di perkotaan. Tapi harapan kita, kelak mereka harus serta juga.
Berbicara tentang peningkatan mutu pendidikan melalui teknologi informasi, kita patut iri kepada para pelajar sebuah sekolah di Singapura (Cresent Girls School). Beberapa waktu yang lalu para pelajar di sekolah ini sudah menikmati fasilitas teknologi komputer dan internet untuk meningkatkan mutu pendidikan mereka, yang pertama kali diterapkan di dunia pada pelajar sekolah. Fasilitas itu mencakup laptop (komputer tablet seberat 2 kilogram) yang lebih cerdas dari komputer jinjing, karena dapat dibuka merata serupa membuka rata sebuah buku pelajaran di atas meja belajar dan layar yang interaktif karena dapat menerima input dari pena yang digoreskan di layar tersebut. Laptop itu dapat juga memuat seluruh bahan pelajaran dan buku teks mereka. Sehingga para pelajar terbebas dari beban mengusung buku-buku tebal ke sekolah, juga mengurangi resiko klasik seorang pelajar yang lupa membawa buku.Dengan laptop itu pula, para pelajar bisa berkomunikasi nirkabel dengan para guru, bisa memperoleh akses tentang bahan pelajaran dari berbagai situs atau website. Dan yang paling penting, laptop ini dilengkapi dengan pseudo vlan system7.
Tanpa harus membahas badai masalah yang sedang menghempas perahu pendidikan kita di Indonesia, bisakah kelak para pelajar di sekolah-sekolah kita mendapatkan hal yang sama dengan apa yang sudah didapatkan para pelajar negara tetangga itu? Tentu hal itu kiranya bukan sekedarmimpi.Kalau kita mau, pasti bisa!8

PERAN INTERNET DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Internet merupakan sebuah layanan yang memudahkan kita menambah wawasan, berkomunikasi, dan juga memudahkan kita untuk mencari suatu bahan yang mungkin sulit dicari secara nyata, melalui akses dunia maya internet ini, kita dapat menambah wawasan, berkomunikasi jarak jauh dan juga mencari informasi yang sangat kita butuhkan. Dulu, kecepatan atau kemudahan kita dalam mengakses internet sangat sulit. Ibaratnya ketika kita sedang browsing, kita bisa keluar sebentar untuk minum kopi karena lambatnya proses browsing yang dijalankan. Akan tetapi, Setelah diluncurkan layanan akses internet cepat yang seperti speedy9 (salah satu contoh penyedia layanan DSL), proses browsing tersebut menjadi sangat cepat dan menjadi mudah. sehingga anak SMP pun dengan mudah dapat belajar tentang internet. speedy merupakan salah satu penunjang yang dapat memudah kan kita untuk mengakses internet.
Dengan adanya akses speedy ini, maka kita perlu lama menunggu proses browsing yang sedang kita jalankan. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi maka sekarang ini telah banyak keluar produk baru penunjang jaringan internet bagi pemilik komputer jinjing atau kita sebut laptop, yaitu Modem USB, dengan alat yang rata-rata berukuran kecil ini memudahkan laptop mendapatkan jaringan internet yang tidak kalah cepatnya dengan warung internet, namun untuk menggunakan alat ini kita perlu mendaftarkan dulu kepada salah satu provider10.
Kehadiran jaringan internet sangat bermanfaat bagi seluruh pelajar dimulai dari pelajar SMP dan seterusnya. Internet ini dapat membantu kita sebagai mahasiswa. Bagi mahasiswa, internet sangat berguna sebagai alat komunikasi dan informasi untuk mencari tugas-tugas yang diberikan guru. Internet dapat mempermudah mencari materi pelajaran. Selain itu juga, internet juga berguna sebagai sarana mencari teman ataupun hiburan. Kehadiran internet juga bermanfaat bagi guru yang mau memanfaatkan sarana internet ini. Bagi guru, internet ini adalah sebagai alat komunikasi dan informasi yang berguna untuk menambah wawasan, pengembangan bahan pelajaran. Contohnya: internet juga berfungsi mengrealkan gambar yang terkadang sulit diterima oleh siswa. Dan sekaligus menjadi tambahan perpustakaan di sekolah. Termasuk penting bahwa internet juga sangat bermanfaat dan bisa menjadi pelajaran yang dapat menunjang pendidikan, memperluas komunikasi dan informasi, dan sebagai wadah untuk berbagi ilmu pengetahuan. Selain itu, internet juga sangat berperan untuk kepentingan usaha (business) yang dapat mengantarkan suatu perusahaan ke pasar global. Demikian juga dengan sekolah.
Apabila sekolah memiliki situs di internet atau bisa disebut dengan website. Maka sekolah tersebut juga tergabung dan ikut bersaing dalam pasar global. Kita berharap agar internet semakin baik dan diadakannya program belajar internet bagi seluruh pelajar terutama dimulai dari pelajar SMP.
Secara detail peranan internet di dalam dunia pendidikan khususnya bagi guru adalah sebagai berikut :
1.meningkatkan pengetahuan
2.berbagi sumber dengan seprofesi
3.kerjasama dengan guru diluar negeri
4. partisipasi dalam forum pendidikan
5. sumber bahan ajar.
Sedangkan peranan bagi pelajar/siswa sebagai berikut :
1. sumber pengetahuan
2. meningkatkan komunikasi dengan siswa lain
3. media praktek dari teori yang telah dipelajari.
Dari fakta yang terjadi dilapangan dan survey yang dilakukan didapat kesimpulan bahwa internet memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan, dan dapat dijadikan media informasi dan pembelajaran modern.

Pengamatan
Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan dari warnet kewarnet11, pengalaman saya selama saya tinggal dikota kaliwungu12, sebagian besar para pengguna (user) jasa warnet adalah mayoritas adalah remaja yang masih bersetatus pelajar daik pelajar SMP,SMA,MAHASISWA, bahkan anak SD pun tak jarang saya lihat. Selaian itu adaalah para pegawai dan anak muda lainya. Aktifitas yang mereka lakukan sangat beragam,dari mulai mengerjakan tugas mencari artikel lewat Browsing13, mengirimkan tugas lewat E-mail14, mencari teman lewat internet atau istilah lainya adalah Chatting, bermain game online, download lagu-lagu, games, video, gambar, membuat blog pribadi, mencari lowongan pekerjaan, dan lain sebagainya. Tetapi ada juga dari mereka yang hanya mencoba-coba atau baru belajar internet.
Remaja sekarang sangat akrab sekali dengan musik, so sudah amenjadi sebuah kebaisaan yang populer remaja saat ini mengjikuti perkembangan musik tanah air, dengan internet merekan dengan mudah mendownload15 lagu-lagu terbaru melalui situs-situs yang menyediakan layanan-layanan tersebut secara freeware16.
Saata ini internet menjadi sebuah kebutuhan, oleh karna itu para ilmuan terus berusaha untuk mengembangkan teknologi Internet supaya lebih mudah kita akses, alhasil, internet sekarang sudah dapat kita akses melaui alata yag portable sehingga akses internetpun sudah dapat kita lakukan tanpa harus menggunakan computer, misalnya saat ini kita dapat mengakses internet melalui Hand phone yang mempunyai fasilitas (fitur) GPRS, 3G, HSDPA, EDGE17, dan lain sebagainya. Baahkan akses internet pun sudah dapat kita lakukan secara bebas ditempat-tempat yang menyediakan fasilitas “HOT SPOT AREA”, yang biasanya sudah dimiliki oleh kampus-kampus perguruan tinggi, supermarket, dan di tempat-tempat tertentu. Fasilitas Hot Spot Area tersebut sangat membantu para mahasiswa untuk mengakses internet dalam mencari sumber-sumber pelajaran.

Efektifitas internet bagi pelajar
Kenyataannya Internet sekarang ini tidak hanya digunakan oleh para pekerja. Tuntutan era globalisasi adalah salah satu faktor yang turut memasyarakatkan internet kesemua lapisan masyaratkat termasuk para pelajar. Di sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA diIndonesia sudah dimasukkan kurikulum TI dalam kurikulum wajib mereka. Di Beberapa Sekolah Menengah Kejuruan malah dibuka 2 jurusan baru di bidang TI, yaitu Tekhnik Komputer & Jaringan dan Multimedia. Untuk tingkat SMP dan SMA biasanya para pelajar diajarkan hal-hal dasar dalam berinternet serta bagaimana mereka dapat memanfaatkan fasilitas internet seperti browsing membuka dan mengirim email mencari informasi yang dibutuhkan dengan bantuan search engine dan lain-lain. Tentu saja ini semua merupakan modal dasar yang berguna untuk masa depan. Apa lagi dizaman komputerisasi seperti sekarang ini, kecakapan dalam menggunkan komputer dan internet sangat dibutuhkan. Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah seberapa efektif para pelajar memanfaatkan internet? Jawabannya bisa jadi berbeda satu sama lain. Bagi para pekerja bisa jadi menggunakan internet dengan efektif adalah jika mereka dapat menyelesaikan tugas dengan memanfaatkan internet atau benar-benar menggunakannya untuk bekerja. Bagi para pelajar internet dapat menjadi sarana yang ampuh untuk menambah pengetahuan mereka. Berjuta-juta informasi yang terdapat pada halaman Web dapat menjadi makanan dan minuman bagi mereka yang lapar dan haus informasi. Tugas yang sedang mereka kerjakanpun akan menjadi lebih mudah. Tinggal mengetikkan topik yang cocok disearch engine18kemudian mengunjungi situs yang ditampilkan. Dengan sekali bunyi klik tugas yang dikerjakan dapat diselesaikan tanpa harus pergi keperpustakaan dan membuka buku satu persatu. Namun kegiatan ini mungkin tidak akan mereka lakukan setiap kali mengakses internet. Biasanya akan dilakukan hanya jika mendapat tugas atau membuat makalah yang isinya tidak ada didalam buku pelajaran. Sebagai orang muda mereka biasanya lebih suka dengan bacaan-bacaan ringan seperti ramalan, zodiak, informasi terbaru mengenai selebriti, atau sibuk mencari teman disitus komunitas seperti Friendster dan berchatting ria dengan teman atau orang yang tidak dikena dibelahan bumi yang lain dengan instant messenger. Sangat disayangkan padahal untuk memasuki dunia maya saja banyak yang harus dikorbankan. Banyak pelajar menyisihkan uang saku mereka atau mengatur keuangan mereka dengan sangat ketat demi berselancar didunia maya. Ada juga yang rela mengantri selama berjam-jam diwarnet sepulangnya dari sekolah. /Kalau begitu bagaimana agar kita, khususnya para pelajar dapat menggunakan internet dengan efektif
Berikut ini ada beberapa tips dan saran yang dapat diterapkan:
1.Kumpulkan topik atau bahan yang hendak dicari, jadi saat browsing pencarian dapat dilakukan dengan jendela terpisah(Multitasking) Sementara topik ini sedang dicari, kita dapat menggunakan jendala lain untuk mencari topik yang berbeda.
2.Saat berselancar, bawa media penyimpanan seperti disket, CD-RW, atau flash drive agar informasi yang ada dapat disimpan. Jadi tidak harus ditulis ulang saat itu juga agar lebih menghemat waktu.
3.Catat dan simpan alamat situs yang dirasa dapat membantu untuk mencari topic lain dikemudian hari.
4.Tetap fokus dan berpegang pada rencana yang telah dibuat. OK,















1 chatting: adalah layanan di internet yang memungkin kan kita untutak bercakap-cakap dengan teks
2 buka situs : www.google.com http://dunia.pelajar-islam.or.id/www.klik-galamedia.com

3 chatting: adalah layanan di internet yang memungkinkan kita untuk bercakap-cakapenga teks

4 Netter : pengguna internet
5 Silakan Buka : www.google.com http://dunia.pelajar-islam.or.id/ www.klik-galamedia.com
6 Hot spot Area : adalah suatu area yang menyediakan layana akses internet secara bebas
7 pseudo vlan system : adalah securiti yang tidak memberi kesempatan sedikitpun bagi para pelajar (atau siapapun) untuk membolak-balik helai demi helai lembaran digital website-website terlarang.
8 disunting dari situs www.sekolah-online.net atau www.isekolah.org di layar internet. Dengan beberapa perubahan
9 speedy : adalah salah satu isp
10 provider adalah penyedia layanan internet
11 pengamatan saya lakukan selama 3 minggu lebih di semua warnet di kota kaliwungu
12 saya tingal dikaliwungu baru 2 tahun
13browsing : adalah kegiatan mencari artikel di internet dengan menggunakan search engine
14 E-mail : adalah kependekan dari elektronik mail, yang merupakan layanan surat dalam bentuk elektronik di internet
15download : adalah kegiatan mengambil atau menyimpan file dari internet
16 freeware : adalah software/aplikasi uang dapat di download secara gratis
17 GPRS, 3G, HSDPA, EDGE : adalah teknologi nirkabel untuk akses internet melalui hanphone dan peralatan lainya
18 search engine : mesin pencari yagn dapat mambantu kita mencari imformasi dengan kata kunci.




























0 komentar:

Posting Komentar